Selasa, 16 Agustus 2022

PENGENALAN INDEKSASI INTERNASIONAL WOS

 

PENGENALAN INDEKSASI INTERNASIONAL WOS

Web of Science (sebelumnya dikenal sebagai Web of Knowledge) adalah layanan pengindeksan sitiran ilmiah berbasis langganan daring yang awalnya diproduksi oleh Institute for Scientific Information (ISI), yang saat ini dikelola oleh Clarivate Analytics (sebelumnya bisnis Properti Intelektual dan Ilmu Pengetahuan Thomson Reuters), yang menyediakan pencarian sitiran yang komprehensif. Layanan ini memberi akses pada beberapa basis data yang menjadi referensi penelitian lintas disiplin, yang memungkinkan dilakukannya eksplorasi mendalam terhadap sub-bidang khusus dalam disiplin akademis atau ilmiah.

Web of Science sebagai sebuah indeks sitiran dibangun berdasarkan fakta bahwa sitiran dalam sains berfungsi sebagai keterkaitan antara item penelitian serupa, dan mengarah pada pencocokan atau literatur ilmiah terkait, seperti artikel jurnal, prosiding konferensi, abstrak, dll. Selain itu, literatur yang menunjukkan dampak terbesar di bidang tertentu, atau lebih dari satu disiplin, dapat dengan mudah ditemukan melalui indeks sitiran. Misalnya, pengaruh makalah dapat ditentukan dengan menghubungkannya pada semua dokumen yang telah mengutipnya. Dengan cara ini, tren terkini, pola, dan bidang penelitian yang muncul dapat dinilai. Kemunculan Web of Science diawali tahun 1963 oleh Eugene Garfield yang dikenal sebagai "bapak pengindeksan sitiran literatur akademis,"yang meluncurkan Science Citation Index (SCI), yang pada gilirannya mengarah pada Web of Science. 

Menurut sejarahnya, untuk memperluas cakupan Web of Science, pada bulan November 2009 Thomson Reuters memperkenalkan Century of Social Sciences. Layanan ini berisi berkas yang menelusuri penelitian ilmu sosial kembali ke awal abad ke-20 dan Web of Science saat ini telah memiliki cakupan pengindeksan dari tahun 1900 sampai sekarang.

 Sejak 3 September 2014, Cakupan multidisiplin Web of Science mencakup lebih dari 50,000 buku ilmiah, 12,000 jurnal dan 160,000 prosiding konferensi. Pemilihan dilakukan berdasarkan penilaian dampak dan terdiri dari jurnal akses terbuka, yang mencakup beberapa disiplin akademis. Cakupannya meliputi: sains, ilmu sosial, seni, dan humaniora, serta membahas berbagai disiplin ilmu. Namun, Web of Science tidak mengindeks semua jurnal, dan cakupannya di beberapa bidang kurang lengkap daripada yang lainnya.

Selanjutnya, pada tanggal 3 September 2014 jumlah total berkas Web of Science adalah 90 juta catatan, yang mencakup lebih dari satu miliar referensi yang dikutip. Layanan kutipan ini rata-rata memiliki indeks sekitar 65 juta item per tahun, dan ini digambarkan sebagai basis data sitiran terbesar yang dapat diakses.


WOS EVALUATION CRITERIA



Proses kurasi jurnal agar bisa terindeks di Web of Science Core Collection™ memang teramat unik. Di antaranya ialah keputusan editorial WoS dilakukan oleh editor ahli WoS yang tidak memiliki afiliasi dengan penerbit atau lembaga penelitian manapun sehingga menghilangkan potensi bias atau konflik kepentingan. Setiap editor berfokus pada kategori subjek tertentu yang memungkinkan mereka memperoleh pengetahuan yang mendalam dan bernuansa jurnal di bidang masing-masing. 

Tingkat kurasi editorial internal ini kontras dengan metode yang digunakan untuk membuat database lain yang tersedia secara komersial yang mengandalkan sebagian besar pendekatan algoritmik dan/atau mendelegasikan aspek pengambilan keputusan editorial kepada komunitas riset. Prinsip dasar dari proses seleksi Web of Science tetap sama: objektivitas, selektivitas dan dinamika koleksi. WoS menggunakan satu set 28 kriteria untuk mengevaluasi jurnal; ini dibagi menjadi 24 kriteria kualitas yang dirancang untuk menyeleksi konsistensi editorial dan Best practice atau praktik terbaik di tingkat jurnal, dan empat kriteria dampak yang dirancang untuk memilih jurnal yang paling berdampak di bidangnya masing-masing dengan menggunakan aktivitas kutipan sebagai indikator utama dampak. 

Jurnal yang memenuhi kriteria kualitas masuk Emerging Sources Citation Index™ (ESCI). Jurnal yang memenuhi kriteria dampak tambahan masuk ke Science Citation Index Expanded™ (SCIE), Social Sciences Citation Index™ (SSCI), atau Arts & Humanities Citation Index (AHCI) tergantung pada bidang subjeknya. Web of Science menggunakan istilah "unggulan" untuk secara kolektif merujuk ke SCIE, SSCI dan AHCI.

Core Collection Ini adalah koleksi dinamis yang tunduk pada kurasi berkelanjutan untuk memastikan jurnal berada dalam koleksi yang sesuai. Jurnal ESCI yang mendapatkan dampak pindah ke SCIE, SSCI atau AHCI. Demikian pula, jurnal SCIE, SSCI dan AHCI yang mengurangi dampak pindah ke ESCI. Jurnal apa pun yang gagal memenuhi 24 kriteria kualitas akan dihapus dari Koleksi Inti Web of Science. 

Jurnal di ESCI dievaluasi ulang untuk kemungkinan dimasukkan dalam SCIE, SSCI atau AHCI ketika aktivitas kutipannya menunjukkan bahwa kriteria dampak dapat dipenuhi, terlepas dari waktu sejak evaluasi terakhir mereka. Dalam proses ini, jurnal dievaluasi ulang untuk kualitas terlebih dahulu dan evaluasi dampak tunduk pada kualitas yang terpenuhi. Jika kriteria kualitas dan dampak terpenuhi, jurnal pindah ke koleksi unggulan. Strategi Web of Science saat ini adalah mengevaluasi kembali jurnal ESCI yang memiliki perkiraan Journal Impact Factor™ (JIF) yang menempatkannya di Q1 atau Q2 dalam peringkat JIF kategori unggulan yang relevan. Web of Science menggunakan estimasi JIF jurnal – bukan Journal Citation Indicator (JCI) – sebagai metrik untuk menilai aktivitas kutipan tingkat jurnal saat menerapkan kriteria dampak Web of Science.

Biasanya, tim editorial Web of Science berfokus pada evaluasi baru selama paruh pertama tahun ini dan memprioritaskan evaluasi ulang pada paruh kedua. Jika ada kekhawatiran tentang jurnal yang diindeks, baik oleh pengguna atau melalui pemantauan oleh editor internal Web of Science, jurnal akan dievaluasi ulang sesuai dengan kriteria seleksi Web of Science. Jika ada kekhawatiran yang signifikan tentang kualitas konten yang diterbitkan oleh jurnal, konten baru tidak akan diindeks selama evaluasi ulang. 

Ketika evaluasi selesai, penerbit akan diberitahu tentang hasilnya dan jurnal akan  dihapus dari cakupan jika tidak lagi memenuhi kriteria kualitas atau tetap tercakup jika terus memenuhi kriteria kualitas. Jika jurnal memenuhi kriteria kualitas, konten yang hilang akan diindeks. Jika jurnal dihapus dari liputan, konten tidak akan diisi ulang. Dalam kasus pelanggaran paling serius dalam standar editorial jurnal, sebagaimana ditentukan oleh kriteria seleksi Web of Science, konten yang dipublikasikan dapat dihapus dari Web of Science™. Jangka waktu untuk menyelesaikan evaluasi ulang akan tergantung pada keadaan khusus dari setiap kasus.


Tidak ada komentar: