Kamis, 21 Juli 2022

memahami istilah journal citation indicator nya web of science

 Pada bulan Juni, Clarivate, raksasa analitik dalam penerbitan akademik, meluncurkan pembaruan tahun 2021 untuk Laporan Kutipan Jurnal (JCR) bersama dengan metrik baru yang disebut Indikator Kutipan Jurnal. Sebagian besar dari kita akrab dengan Journal Impact Factor (JIF) JCR, yang telah menjadi ukuran standar dampak kutipan jurnal dan dirujuk oleh komunitas ilmiah untuk menilai kualitas, jangkauan, dan integritas sumber konten penelitian. Jadi mengapa perlu metrik lain?

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda ketahui untuk memahami metrik baru ini: apa itu metrik, cara kerjanya, lokasinya, potensi manfaatnya, dan kekurangannya.

1. Apa itu Indikator Kutipan Jurnal?

Indikator Kutipan Jurnal (JCI) adalah pengukuran tunggal dari dampak kutipan yang dinormalisasi lapangan dari jurnal di Koleksi Inti Web of Science lintas disiplin ilmu. Kata kuncinya di sini adalah bahwa metrik dinormalisasi dan lintas disiplin. Dirancang untuk melengkapi JIF, JCI mengontrol variabel seperti bidang subjek, jenis dokumen, dan tahun publikasi untuk memberikan dampak kutipan yang dinormalisasi bidang penelitian untuk makalah yang diterbitkan oleh jurnal dalam periode tiga tahun terakhir.

Dengan kata lain, sementara JIF digunakan untuk membandingkan dampak kutipan jurnal dalam suatu disiplin ilmu, JCI memberikan satu nomor yang mewakili dampak kutipan jurnal di bidang penelitian yang berdekatan.

2. Bagaimana cara kerja Indikator Kutipan Jurnal?

Sebagaimana dijelaskan oleh Martin Szomszor, Direktur Institut Informasi Ilmiah di Clarivate, JCI menggunakan alat metrik Clarivate lainnya, yaitu Category Normalized Citation Impact (CNCI) untuk menghitung nilai dampak untuk semua jurnal di Web of Science Core Collection, termasuk yang yang tidak memiliki JIF. Jumlah yang dihasilkan relatif terhadap garis dasar rata-rata global 1,0. Ini berarti bahwa jurnal yang diberi nilai lebih tinggi dari 1,0 memiliki dampak kutipan yang lebih tinggi dari rata-rata dan jurnal dengan nilai kurang dari 1,0 memiliki dampak kutipan yang lebih rendah dari rata-rata.

3. Di mana nilai Indikator Kutipan Jurnal dapat ditemukan?

Rilis Laporan Kutipan Jurnal 2021 termasuk peluncuran IHSG. Bahkan pengguna tanpa langganan berbayar dapat menemukan nilai JCI jurnal secara gratis dengan mencari Daftar Jurnal Master online Clarivate. Misalnya, saya mencari Sel dan kemudian mengklik "Lihat Halaman Profil." Menggulir sedikit ke bawah, saya menemukan kotak besar yang menyoroti IHSG “Metrik Baru”, dengan nilai yang diberikan untuk 2020 dan 2019, yang masing-masing adalah 7,09 dan 7,17, untuk Sel.

4. Apa manfaat potensial dari Indikator Kutipan Jurnal?

Clarivate menyoroti beberapa kontribusi utama—selain normalisasi lapangan—yang membedakan JCI dari JIF. Pertama, menghitung nilai dari tiga tahun terakhir publikasi hingga akhir tahun berjalan dibandingkan dengan dua tahun yang digunakan untuk JIF. Kedua, seluruh jurnal dalam Koleksi Inti Clarivate akan diberikan nilai JCI, sedangkan tidak semua jurnal mendapatkan nilai JIF. Ini akan memberi pengguna pemahaman yang lebih luas tentang dampak publikasi mereka dan bermaksud untuk memungkinkan perbandingan yang mudah dan adil dari dampak kutipan antar disiplin ilmu.

5. Apa batasan dari Indikator Kutipan Jurnal?

Untuk penjelasan yang jelas tentang batasan Indikator Kutipan Jurnal, saya mengarahkan Anda ke sebuah artikel oleh Phil Davis yang diposting di blog Dapur Cendekia dari Society for Scholarly Publishing: “Indikator Kutipan Jurnal. Hanya Alat Lain di Kotak Alat Metrik Clarivate?” Davis menunjukkan bahwa normalisasi lapangan sulit untuk dicapai, dan dia memperingatkan terhadap ketergantungan JCI pada kategori area subjek tetap dari sistem klasifikasi Clarivate. Interpretasi metrik apapun membutuhkan penilaian konteks dan variabel. Bahkan Clarivate menyarankan bahwa JCI tidak cocok untuk membandingkan jurnal dalam disiplin ilmu yang sangat berbeda.

Tentu saja, signifikansi metrik baru ini dan penerimaannya dalam komunitas penelitian dan publikasi ilmiah masih harus dilihat. Apakah akan memainkan peran utama dalam evaluasi jurnal bersama dengan JIF? Apakah itu akan berkembang untuk menggantikan JIF secara signifikan dalam komunitas riset? Kami akan terus memantau.  https://www.letpub.com/Five-Things-You-Need-to-Know-About-the-Journal-Citation-Indicator

Tidak ada komentar: