Kamis, 21 Juli 2022

Definisi Journal Citation Reports (JCR)

 Journal Citation Reports (JCR) adalah publikasi tahunan oleh Clarivate Analytics (sebelumnya merupakan kekayaan intelektual Thomson Reuters). Ini telah terintegrasi dengan Web of Science dan diakses dari Web of Science-Core Collections. Ini memberikan informasi tentang jurnal akademik dalam ilmu alam dan ilmu sosial, termasuk faktor dampak. JCR awalnya diterbitkan sebagai bagian dari Science Citation Index. Saat ini, JCR, sebagai layanan yang berbeda, didasarkan pada kutipan yang dikumpulkan dari Science Citation Index Expanded dan Social Sciences Citation Index.

Journal Citation Reports (or JCR) is a product of ISI Web of Knowledge and is an authoritative resource for impact factor data. This database provides impact factors and rankings of many social and life sciences journals based on millions of citations.

Journal Citation Reports™ (JCR) provides you with the transparent, publisher-neutral data and statistics you need to make confident decisions in today’s evolving scholarly publishing landscape, whether you’re submitting your first manuscript or managing a portfolio of thousands of publications.

Quickly understand a journal’s role within and influence upon the global research community by exploring a rich array of citation metrics, including the Journal Impact Factor™ (JIF), alongside descriptive data about a journal’s open access content and contributing authors.

Journal Citation Reports (JCR) adalah diproduksi oleh Clarivate Analytics dan dapat diakses baik dengan link langsung ke database dari Library Search atau dari dalam antarmuka Web of Science.

Journal Citation Reports memiliki sejarah panjang dalam menganalisis, membandingkan, dan memeringkat jurnal dalam disiplin ilmu tertentu. JCR adalah sumber terpercaya untuk menemukan peringkat jurnal tetapi tidak mencakup semua jurnal.

 Definisi pengukuran yang digunakan oleh JCR:

Faktor Dampak

Faktor dampak jurnal adalah perhitungan berdasarkan periode dua tahun dan dihitung dengan membagi jumlah kutipan pada tahun JCR dengan jumlah total artikel yang diterbitkan dalam dua tahun sebelumnya. Faktor dampak 2 berarti, rata-rata, artikel yang diterbitkan satu atau dua tahun lalu telah dikutip dua kali.

Faktor Dampak 5 Tahun

Faktor dampak jurnal 5 tahun adalah rata-rata berapa kali artikel dari jurnal yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir telah dikutip pada tahun JCR yang dipilih.

Indeks Kedekatan

Indeks kedekatan adalah rata-rata berapa kali sebuah artikel dikutip pada tahun diterbitkan. Ini adalah cara untuk menentukan "topik hangat" dalam suatu disiplin.

Faktor Eigen

Perhitungan Skor Eigenfactor didasarkan pada berapa kali artikel dari jurnal yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir telah dikutip pada tahun JCR, tetapi juga mempertimbangkan jurnal mana yang telah memberikan kutipan tersebut sehingga jurnal yang dikutip akan lebih mempengaruhi jaringan daripada jurnal yang dikutip lebih rendah. Referensi dari satu artikel dalam jurnal ke artikel lain dari jurnal yang sama dihilangkan, sehingga Skor Eigenfactor tidak dipengaruhi oleh kutipan mandiri jurnal.

Dikutip Half-Life

Waktu paruh kutipan adalah usia rata-rata artikel yang dikutip oleh jurnal pada tahun JCR. Misalnya, dalam JCR 2014, jurnal International Social Work memiliki waktu paruh 7.1. Itu berarti bahwa 50% dari semua artikel yang dikutip oleh artikel dalam Pekerjaan Sosial Internasional pada tahun 2014 diterbitkan antara tahun 1995 dan 2014 (inklusif). Ini membantu untuk mengevaluasi mata uang dari penelitian yang dikutip.

Skor Pengaruh Artikel

Skor ini merupakan alat untuk mengukur pengaruh artikel jurnal selama lima tahun pertama sejak diterbitkan. Ini dihitung dengan mengalikan Skor Eigenfactor dengan 0,01 dan membaginya dengan jumlah artikel dalam jurnal.

Informasi jurnal dasar

Informasi yang diberikan untuk setiap jurnal meliputi:

informasi bibliografi dasar penerbit, singkatan judul, bahasa, ISSN

kategori mata pelajaran (ada 171 kategori seperti itu dalam sains dan 54 dalam ilmu sosial)

Informasi kutipan

Data kutipan dasar:

jumlah artikel yang diterbitkan selama tahun itu dan berapa kali artikel dalam jurnal dikutip selama tahun itu oleh artikel-artikel selanjutnya dalam jurnal itu sendiri dan jurnal lain,

tabel rinci menunjukkan berapa kali artikel dalam jurnal dikutip sepanjang tahun oleh artikel-artikel selanjutnya dalam jurnal itu sendiri dan jurnal lain,

jumlah kutipan yang dibuat dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal tahun itu dan jurnal individu tertentu lainnya selama masing-masing dari sepuluh tahun terakhir (20 jurnal yang paling banyak dikutip disertakan)

berapa kali artikel yang diterbitkan dalam jurnal selama masing-masing dari 10 tahun terakhir dikutip oleh jurnal tertentu individu selama tahun (dua puluh jurnal dengan jumlah kutipan terbesar diberikan)

dan beberapa ukuran yang diperoleh dari data ini untuk jurnal tertentu: faktor dampaknya, indeks kedekatan, dll.

Ada edisi terpisah untuk sains dan ilmu sosial; IPA edisi 2013 memuat 8.411 jurnal, dan IPS 2012 memuat 3.016 judul. Terbitan untuk setiap tahun diterbitkan pada tahun berikutnya setelah kutipan untuk tahun tersebut diterbitkan dan informasinya diproses.

Publikasi tersedia online (JCR di Web), atau dalam format CD (JCR di CD-ROM); itu awalnya diterbitkan di media cetak, dengan tabel rinci tentang microfiche.

Journal Citation Reports - Wikipedia

Tidak ada komentar: