Kamis, 07 April 2022

6 Update DOAJ 2021

 6 Update DOAJ 2021

by  Yusro, Andista Candra: https://zenodo.org/record/5099708#.Yk6JWdtBzIU

Menerima email dari Clara Armengou selaku Programme Manager DOAJ (Directory of Open Access Journals) menginformasikan kepada kami Volounters dan Ambasador terkait beberapa perbuahan di DOAJ.

Perubahan yang disampaikan tersebut terkait dengan lauching logo baru dan beberapa update policy di DOAJ. Update policy tersebut diantaranya:

1. IKLAN

DOAJ tidak akan menerima aplikasi dari jurnal yang mengandung iklan yang mengganggu.

2. IMPACT FACTOR

Terkait dengan jurnal yang mencantumkan impact factor DOAJ hanya mengakui yang berasal dari Clarivate.

3. Bahasa

Informasi pada website tidak harus dalam bahasa Inggris. Jurnal boleh dalam bahasa asal negara diterbitkan atau jika di alihbahasakan pastikan tidak mengandung perbedaan informasi dengan bahasa sebelumnya.

4. Editorial

Dewan redaksi jurnal minimal terdiri dari 5 orang. Disarankan agar anggota dewan tidak semuanya berasal dari institusi yang sama.

5. Endogeny

Jumlah naskah yang diterbitkan oleh dewan editor (Editor dan Reviewer) adalah maksimal 25% dari total naskah pada dua edisi/issue terakhir

6. Jenis Artikel

Jurnal yang hanya menerbitkan artikel Book Review tidak akan diterima aplikasinya

Berdasarkan informasi tersebut para pengelola jurnal hendaknya mempersiapkan diri/jurnalnya terelebih dahulu secara matang sebelum mengajukan jurnal yang dikelola ke DOAJ. Semoga dari kami yang sedikit ini menjadikan manfaat. Salam sehat selalu dan selalu menebarkan kebaikan.

Tidak ada komentar: