Senin, 22 Mei 2023

7 CARA MENGENALI TANDA-TANDA AWAL JURNAL PREDATORY/HIJACKED/CLONING

 


7 CARA MENGENALI TANDA-TANDA AWAL JURNAL PREDATORY/HIJACKED/CLONING

1. Top level domain pada laman web jurnal tsb menggunakan public domain seperti: .org atau .com. Laman web jurnal yang asli biasanya menggunakan domain resmi negara: Turkey (.tr); Indonesia (.id); Rusia (ru), dst.

2. Platform online yang digunakan menggunakan resources yang gratis seperti “OJS: dan tidak dikelola dengan baik. Namun demikian ada jurnal bagus yang menggunakan “OJS” dan dikelola dengan baik. 

3. Ada transformasi penerbit dari institusional (Universitas) menjadi pribadi. Bahkan tidak dinyatakan penerbitnya apa/siapa, hanya dinyatakan diterbitkan dalam xyxy. Silahkan menilai sesuai PO PAK 2019, bahwa jurnal harus memiliki penerbit yang sah.

4. Jurnal yang dicloning atau dipalsukan biasanya: (a) jurnal lama yang tidak terurus; (b) jurnal yang belum memiliki laman web online (hanya repository); (c) Jurnal-jurnal dari negara/Universitas kecil. Sangat sedikit pelaku pembuat cloning jurnal yang memalsukan jurnal-jurnal milik Universitas setara Cambridge University.

5. Artikel-artikel yang diterbitkan tidak dilakukan review dengan baik, apalagi review substansi. Silahkan diminta bukti review dan korespondensi. 

6. Lay journal ala kadarnya, hanya berbasis template MS Word, itupun antar artikel tidak konsisten. 

7. Jumlah terbitan (jumlah artikel), jumlah nomor terbitan, dan jumlah volume terbitan sering tidak konsisten, cenderung jumlahnya naik drastic.

Tidak ada komentar: