Jumat, 24 Februari 2023

Pendampingan Jurnal Religia UIN Pekalongan menuju Terindeks Scopus


Pada hari Senin dan Selasa tanggal 13 dan 14 Februari 2023, Faizal Risdianto, S.S,M.Hum, Kepala Pusat Penerbitan dan Rumah Jurnal, LP2M UIN Salatiga telah memberikan pendampingan sampai pada proses apply ke indexing Scopus untuk Jurnal Religia:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gusdur). Jurnal Religia:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman merupakan Jurnal tertua di UIN Gusdur yang dikelola oleh Ibu Dr. Esti Zaduqisti, M.Si dengan Scopus ID: 56184107200  dan H Index 7.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh pengelola Jurnal Religia:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman tetapi juga pengelola jurnal-jurnal lainya di UIN Gusdur Pekalongan. Acara ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Dr. H. Sam'ani Sya'roni, M.Ag.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan target yang lebih tinggi setelah menjadi jurnal nasional terindeks di Sinta 2. Pada kesempatan itu, Faizal Risdianto memberikan tips dan pendampingan pengelolaan jurnal menuju terindeks Scopus berdasarkan pengalaman pendampingan Jurnal Psikohumaniora UIN Walisongo Semarang dan Jurnal Ijtihad UIN Salatiga telah terindeks Scopus. Beberapa tipsnya adalah reformulasi focus and scope jurnal yang superspesialis dari fokus yang umum menjadi jurnal kajian Living Qur’an dan Hadits, Pemilihan Editor yang H Index Scopus ID tertinggi dan pemilihan sepuluh artikel terbaik yang memiliki sitasi tertinggi dan sesuai dengan focus and scope yang telah direformulasikan.

Pada tanggal 14 Februari Jurnal Religia telah didaftarkan ke database Scopus dan semoga ada khabar baik ke depannya Jurnal ini bisa menjadi jurnal ke-23 yang terindeks scopus di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).



Tidak ada komentar: