Sabtu, 13 Agustus 2022

I4OC atau Inisiatif untuk Kutipan Terbuka

 Inisiatif untuk Kutipan Terbuka

Inisiatif untuk Kutipan Terbuka I4OC adalah kolaborasi antara penerbit ilmiah, peneliti, dan pihak berkepentingan lainnya untuk mempromosikan ketersediaan data kutipan ilmiah yang tidak terbatas.

Tentang Inisiatif untuk Kutipan Terbuka

Kutipan adalah tautan yang menyatukan pengetahuan ilmiah dan budaya kita. Mereka adalah data primer yang memberikan sumber dan penjelasan tentang bagaimana kita mengetahui fakta. Mereka memungkinkan kita untuk menghubungkan dan menghargai kontribusi ilmiah, dan mereka memungkinkan evaluasi penelitian dan dampaknya. Singkatnya, kutipan adalah kendaraan paling penting untuk penemuan, penyebaran, dan evaluasi semua pengetahuan ilmiah.

Karena jumlah publikasi ilmiah diperkirakan berlipat ganda setiap sembilan tahun, kutipan – dan sistem komputasi yang melacaknya – memungkinkan peneliti dan publik untuk mengikuti perkembangan signifikan di bidang apa pun. Agar ini mungkin, penting untuk memiliki akses tak terbatas ke data bibliografi dan kutipan dalam bentuk yang dapat dibaca mesin.

Sistem komunikasi ilmiah saat ini tidak cukup mengekspos jaringan pengetahuan yang sudah ada dalam literatur kita. Data kutipan biasanya tidak tersedia secara bebas untuk diakses, sering kali tunduk pada lisensi yang tidak konsisten dan sulit diuraikan, dan biasanya tidak dapat dibaca oleh mesin.

Inisiatif untuk membuka data kutipan

Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mempromosikan ketersediaan data kutipan yang terstruktur, dapat dipisahkan, dan terbuka.

Terstruktur berarti data yang mewakili setiap publikasi dan setiap contoh kutipan diekspresikan dalam format umum yang dapat dibaca mesin, dan bahwa data ini dapat diakses secara terprogram. Dipisahkan berarti contoh kutipan dapat diakses dan dianalisis tanpa perlu mengakses produk bibliografi sumber (seperti artikel jurnal dan buku) di mana kutipan dibuat. Terbuka berarti data dapat diakses secara bebas dan dapat digunakan kembali.

Manfaat utama untuk mencapai tujuan ini meliputi:

Pembentukan web publik global dari data kutipan ilmiah terkait untuk meningkatkan kemampuan menemukan konten yang diterbitkan, baik akses berlangganan dan akses terbuka. Ini terutama akan menguntungkan individu yang bukan anggota lembaga akademik dengan langganan database kutipan komersial.

Kemampuan untuk membangun layanan baru atas data kutipan terbuka, untuk kepentingan penerbit, peneliti, lembaga pendanaan, lembaga akademik dan masyarakat umum, serta meningkatkan layanan yang ada.

Pembuatan grafik kutipan publik untuk mengeksplorasi hubungan antara bidang pengetahuan, dan untuk mengikuti evolusi ide dan disiplin ilmu.

Distribusi referensi

Banyak penerbit saat ini menyimpan daftar referensi dari artikel jurnal mereka ke Crossref sebagai bagian dari partisipasi mereka dalam layanan Cited-by Crossref. Untuk membuka referensi mereka, bersama dengan metadata bibliografi lain yang dikirim penerbit ke Crossref, penerbit harus mengaktifkan distribusi referensi untuk semua awalan Digital Object Identifier (DOI) yang mereka kelola. Langkah ini memungkinkan referensi dalam artikel anggota Crossref untuk didistribusikan tanpa batasan melalui semua layanan Pengiriman Metadata Crossref, termasuk REST API dan dump metadata massal, kepada pihak yang berkepentingan. Lihat di bawah untuk informasi tambahan tentang distribusi referensi dan tentang cara berpartisipasi dalam layanan Cited-by Crossref.

Hubungan dengan inisiatif lain

I4OC adalah bagian dari gerakan yang lebih luas untuk mempromosikan keterbukaan metadata bibliografi. Secara khusus, I4OC memiliki hubungan dekat dengan Initiative for Open Abstracts (I4OA), sebuah inisiatif saudara dari I4OC yang bertujuan untuk mempromosikan keterbukaan abstrak dari publikasi ilmiah. I4OC dan I4OA dikelola oleh tim yang berbeda, tetapi tim ini sebagian terdiri dari individu yang sama. Sementara kami berharap bahwa penerbit ilmiah akan membuat komitmen umum untuk keterbukaan metadata bibliografi dan akan mendukung kedua inisiatif tersebut, ada kemungkinan bagi penerbit untuk mendukung I4OC tanpa mendukung I4OA, atau sebaliknya.

Penerbit yang berpartisipasi

Sebelum I4OC dimulai, penerbit yang merilis referensi di tempat terbuka hanya menyumbang 1% dari metadata kutipan yang dikumpulkan setiap tahun oleh Crossref. Setelah diskusi selama beberapa bulan terakhir, beberapa penerbit akses berlangganan dan akses terbuka baru-baru ini membuat keputusan untuk merilis metadata daftar referensi secara publik. Ini termasuk: American Geophysical Union, Association for Computing Machinery, BMJ, Cambridge University Press, Cold Spring Harbor Laboratory Press, EMBO Press, Royal Society of Chemistry, SAGE Publishing, Springer Nature, Taylor & Francis, dan Wiley. Penerbit ini bergabung dengan penerbit lain yang telah membuka referensi mereka melalui Crossref selama beberapa waktu.

Daftar berikut mencakup nama semua penerbit yang telah memilih untuk menyimpan dan membuka data kutipan per 2 Mei 2022. I4OC memperbarui daftar ini setiap dua bulan.

Tidak ada komentar: