Rabu, 27 Juli 2022

S-2 Indonesian Language Education Program Held Article Writing Training and Assistance in Sinta and Scopus Indexed Journals

 


FKIP – Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel di jurnal terindeks Sinta dan Scopus. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung E FKIP UNS pada Sabtu (16/7/2022).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum., selaku Dosen Universitas Sanata Dharma dan Faizal Risdianto, S.S., M.Hum., selaku Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Kedua pembicara merupakan pakar di bidang penulisan artikel jurnal dan merupakan pengelola jurnal-jurnal bereputasi. Kegiatan ini dimoderatori oleh Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd., selaku Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS.

Kegiatan diawali dengan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Sumarwati, M.Pd. Ia menyampaikan alasan dilaksanakannya kegiatan ini karena ditemukannya mahasiswa S-2 yang kesulitan lulus tepat waktu.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari tim GKM bahwa ada kendala bagi mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Umumnya kendala yang dihadapi karena mahasiswa kesulitan menulis artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa sehingga bisa sukses melanjutkan studinya,” jelas Dr. Sumarwati selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

Lebih lanjut Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana menjelaskan bahwa tidak mudah untuk bisa menulis artikel yang dimuat di jurnal bereputasi, namun dengan rajin berlatih pasti akan bias.

“Menulis artikel di jurnal ilmiah bereputasi tidak mudah, tetapi dengan banyak belajar dan berlatih, Anda bisa melakukannya. Apalagi kalau mau jadi dosen yang diutamakan tentu yang punya publikasi ilmiah, minimal publikasi nasional di jurnal bereputasi,” jelas Dr. Mardiyana.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Kunjana. Ia menjelaskan, salah satu penyebab sulitnya menulis adalah karena kurangnya membaca. Umumnya kesulitan yang dihadapi adalah sulitnya menemukan kebaruan, baik dari segi metode, data, masalah, maupun teori. Dr Kunjana juga berbagi tips artikel yang berpotensi diterima di jurnal terindeks.


Kiat-kiat yang dibagikan antara lain penelitian yang harus memuat ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, ketepatan sudut pandang, jangan menulis yang umum dan biasa-biasa saja, temuan harus baru, penuh kebaruan dan kebaruan, penyelesaian penggarapan, sifat, substansi. dan kelayakan, artikel mengedepankan objektivitas, tidak boleh subjektif, dan harus didukung oleh teori-teori yang relevan.

Selain itu, artikel juga harus memiliki argumentasi yang tidak dapat dipisahkan dari data, bersifat rasional, lebih banyak membaca untuk menyukai menulis, menghindari copy paste, memenuhi prinsip kejelasan, kelengkapan, dan kekompakan, konsep data, dan relevansi dengan bidang ilmu tertentu.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Faizal Risdianto, S.S., M.Hum., yang menjelaskan teknis publikasi di jurnal dan permasalahan yang mereka hadapi.

Beberapa permasalahan dalam publikasi ilmiah antara lain bagaimana memilih jurnal, proses pengajuan, kesesuaian dengan standar kualitas dan format artikel, kecukupan data, kesesuaian dan kedalaman analisis, penulisan dalam bahasa Inggris yang memenuhi standar jurnal, kesabaran dalam menunggu hasil, dan ketabahan dalam merevisi,” jelasnya.

https://fkip.uns.ac.id/en/2022/07/s-2-indonesian-language-education-program-held-article-writing-training-and-assistance-in-sinta-and-scopus-indexed-journals/

Tidak ada komentar: